Teknik berani bicara yang baik dan benar

  1. Manfaatkan kesempatan berani bicara di mana saja
Keterampilan kita berbicara di depan khalayak banyak  sangat lah bergantung terhadap  pengalaman dan jam terbang. Semakin sering dipraktekkan, akan semakin dikuasai dan lebih nyaman dilakukan. Karena itu, jangan sia-siakan tiap kali memiliki kesempatan berbicara. Apakah diminta memberikan sambutan, memberi komentar, pidato singkat dan lain-lain. Gunakan kesempatan tersebut dan latih kemampuan Anda. Tidak peduli apakah anda menjadi gugup ataupun berkeringat. abaikanlah semua ketakutan dan kekhawatiran. Dalam proses tersebut memang diperlukan situasi ketegangan sampai Anda bisa menyelesaikannya dengan cara menjalani segala kekhawatiran tersebut.

 

  1. Pentingnya menguasai materi
    Jangan pernah mencoba – coba berbicara di depan teman-teman kamu tentang suatu topik yang akan kamu bicarakan agar materi materi yang terkandung di dalam nya tidak bocor. Hal ini bisa membuat sebuah boomerang yang akan membuat kamu merasa minder selamanya. Tetapi tidak ada salahnya untuk belajar untuk berbicara dihadapan teman-teman sebaya kamu, misalnya teman kampus kamu atau teman sekolah kamu, dan jadikan itu sebagai bahan pembelajaran buat diri kamu nantinya.

 

Contoh : ketika kita membawakan acara sari wangi maka kita harus memahami bagai mana karyawan prusahaan tersebut

 

  1. Latihan secara teratur
Jangankan pembicara amatir ,pembicara profesional saja butuh latihan. Jangan pernah menganggap mereka yang sudah sering tampil di muka umum tidak pernah merasa gugup. Karana mereka juga awalnya seperti anda tidak menguasai pangung namun dengan belajar dan memperbaiki kesalahan mereka lah mampu menjadi lebih baik lagi. Berlatihalah beberapa hari sebelum tampil di depan umum berbicara, anda dapat berlatih didepan cermin maupun di kamar anda secara teratur dan terus menerus. Mempelajari teori tanpa praktek itu percuma.

 

  1. Gunakan pertanyaan
Salah satu cara yang biasanya gunakan adalah memaksakan diri untuk membuat minimal 1 pertanyaan kepada audiensi setiap kali  berada di sebuah forum. Apakah forum itu sebuah training, workshop, meeting dll, manfaatkanlah dan gunakan untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Ini melatih keberanian sekaligus kemampuan merangkai kata dari diri kita untuk membuta pertanyaan yang baik . Mungkin pada awalnya Anda pernah berpikir saya tidak punya hal yang ingin ditanyakan. Maka paksakanlah  diri anda agar anda akan terbiasa untuk menjadi orang yang aktif dalam setiap forum tanpa harus menjadi dominan.

 

  1. Biasakan berbahasa yang baik dan benar
Dalam berbicara, ada kalanya kita memakai bahasa  pergaulan yang akrab ini bertujuan agar suasana menjadi cair. Namun disarankan  anda membiasakan berbahasa yang baik dan benar, terutama ketika ingin berbicara dengan orang lain. Dengan membiasakan berbahasa yang baik dan benar, secara natural Anda akan menjadi pembicara  yang tutur katanya teratur dengan sendirinya, pilihan kalimatnya pas, alur bicaranya terstruktur dan mudah difahami karena kata – katanya baku. Dengan demikian, setiap ada kesempatan  untuk berbicara di depan umum, secara otomatis Anda dengan mudah dapat melakukannya tanpa harus melakukan persiapan yang terlalu banyak.

 

Leave a Reply